Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gunung Api Purba Nglanggeran dengan Spot Sunrise Nan Cantik

Senin, 19 Juni 2023 | Juni 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-19T17:47:26Z

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu wisata alam pegunungan yang berada di Gunungkidul, Yogyakarta. Ciri khas dari wisata ini adalah gunung yang berupa bongkahan-bongkahan batu raksasa. Dengan melihat batu-batu besar dan menjulang tinggi tersebut pastinya bisa memanjakan mata kita.

Yogyakarta memang memiliki banyak sekali wisata alam yang memanjakan mata. Salah satu wilayah yang memiliki alam yang cukup indah adalah Kabupaten Gunungkidul. Ada banyak sekali wisata alam yang bisa kamu temukan di Gunungkidul termasuk wisata Gunung Nglanggeran ini.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung, dan Griya Coklat

Ada banyak sekali spot wisata yang ada di tempat ini. Kamu bisa memilih tempat-tempat cantik yang masih berada di wilayah ini. Kamu juga bisa berkeliling di area Nglanggeran ini untuk mengunjungi objek wisata indahnya.

Destinasi wisata yang satu ini  memiliki pemandangan yang tidak lekang oleh waktu. Selain itu ada beberapa spot wisata yang bisa memanjakan mata bahkan lidahmu. Berikut ini adalah spot yang bisa kamu kunjungi di Gunung Api Purba Nglanggeran.

Puncak Purba

Wisata gunung pastinya identik dengan ketinggian atau puncak. Nah, kamu bisa mendapatkan sunrise yang indah ketika cuacanya mendukung di puncaknya ini. Untuk bisa mencapai puncak pastinya kamu harus melakukan pendakian.

Namun jangan khawatir, gunung ini hanya memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl saja. Untuk menaikinya dari pos bawah tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Kamu hanya butuh waktu kurang lebih satu atau dua jam saja untuk bisa sampai di puncaknya.

Perjalananmu tidak akan terasa lelah ketika kamu sudah sampai di puncaknya. Keindahannya yang menyejukkan mata pasti bisa menghilangkan lelah dan penat.

Embung Nglanggeran

Pada kawasan Ekowisata Nglanggeran ini juga terdapat embung. Walaupun tempatnya berada di bawah (bukan di puncak) namun pemandangannya tidak kalah cantik. Untuk kamu yang malas atau memiliki fisik yang kurang fit untuk melakukan pendakian kamu bisa memilih wisata embung ini.

Aksesnya cukup mudah karena bisa menggunakan kendaran. Jadi, kamu tidak perlu jalan kaki terlalu jauh untuk bisa sampai di embung ini. Wisata embung ini sebenarnya merupakan rintisan wisata kebun buah.

Griya Coklat

Ekowisata ini juga memiliki Griya Coklat yakni tempat pengolahan coklat.  Di sana kamu bisa melihat prosesnya bahkan bisa ikut dalam proses pembuatannya. Kamu juga bisa mencicipi olahan coklat yang kamu buat.

Rumah produksi griya coklat ini dikembangkan oleh masyarakat desa tersebut. Coklat ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga, sanak saudara, atau teman-temanmu.

Nah itulah spot-spot wisata yang bisa kamu kunjungi di Gunung Api Purba Nglanggeran. Ketika, kamu berkunjung ke Jogja atau Gunungkidul akan lebih lengkap jika mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Di sini kamu juga bisa melakukan camping atau berkemah.

×
Berita Terbaru Update